Bagian-bagian dari sirkit CCFL Backlight Inverter
- IC Driver atau Kontroller : sebagai pembangkit pulsa osilator frekwensi tinggi ( sekitar 50-150KHz)untuk men-drive FET output amplifiter, kontrol proses protek, dan mengatur kestabilan nyala lampu CCFL
- FET output amplifer : ada bermacam bentuk konfigurasi, tegangan suply ada yg 12v, 24v, 400v, ada yang berbentuk Fet tunggal dan ada pula yang berbentuk IC yang berisi 2 buah Fet.
- Tranfo HV (high voltage) : untuk memperoleh tegangan tinggi.
- Sirkit protektor dan umpan balik (feedback) ; dari lampu CCFL ke ic driver
Sirkit protektor CCFL Backlight
- Sirkit inverter protektor akan mematikan backlight driver jika ada masalah pada tegangan tinggi Hv atau lampu CCFL. Kecuali itu pada model-model tertentu kadang diperlengkapi dengan protektor yang akan mematikan pesawat LCD kembali ke posisi st-by jika ada masalah pada bagian inverter/lampu ccfl.
- OVL = Over Voltage protektor - jika tegangan tinggi dari tranfo HV over, maka ic drive akan tidak bekerja . Over voltage dapat menyebabkan umur CCFL lebih pendek
- OLP = Open Lamp protektor – jika salah satu lampu tidak menyala maka Ic drive akan tidak bekerja
CCFL Dimmer :
Umunya lampu backlight pada pesawat LCD dapat diatur terang-gelapnya. Ada 2 macam cara pengaturan, yaitu :
- PWM dim – mengatur waktu lamanya penyalaan. disini sebenarnya lampu menyala hidup-mati dengan frekwensi tinggi)
- Analog dim – disini yang diatur adalah besar kecilnya tegangan/arus yang masuk ke CCFL
Nama macam-macam bentuk konfigurasi sirkit backlight Inverter :
Push-pull Inverter
Half-Bridge Inverter
Full-Bridge Inverter
Macam-macam bentuk konfigurasi sirkit Backlight Inverter dimana bagian output yang menggunakan Power FET yang lokasinya pada Hot chasis, dan IC Driver pada Cold chasis.
Cara pemasangan lampu backlight
- Edge lighting. Menggunakan lensa kotak dan lampu dipasang dibagian atas-bawah. Dipakai untuk layar kecil dibawah 22 inch
- Direct-lighting. Dipasang dibagian belakang layar LCD. Digunakan pada layar besar
TROUBLESHOOTING
Backlight tidak nyala : - Cek tegangan suply Vcc
- Cek tegangan kontrol BL-on/Enable/Inv On-Off
- Cek tegangan dimmer - biasanya hanya salah satu yg dipakai (Analog atau PWM)
Catatan :
- Pin-ERR normal “L”.
- Jika backlight ada masalah, maka akan berubah menjadi “H” dan pesawat akan mati st-by.
- Tidak semua pesawat diperlengkapai dengan fasilitas ini.
- Backlight tidak nyala/tidak kuat ngangkat pada model Power FET yang terpasang pada hot chasis dapat disebabkan karena sirkit PFC tidak kerja (tegangan 300v tidak berubah menjadi 400v pada elko besar).