.

lcd service

  • Modifikasi tuner Toshiba untuk Sharp

    Sudah lama sekali rasany tidak memposting sesuatu disini karena kesibukan,maka dalam sedikit kesempatan ini saya akan sedikit berbagi pengalaman,yang semoga dapat memberikan sedikit manfaat.
    Seperti kita ketahui ada beberapa type mainboard Toshiba,Sharp,maupun LG,yang menggunakan Tuner yang sama ,yaitu tuner dengan merek LG,cuma untuk kodenya disticker memang berbeda,untuk Toshiba atau LG dengan kode TDTKxxx,sedangkan Sharp menggunakan kode RUNTK(kalau nggak salah ya....),namun pada dasarnya kalu dilihat dari fisik dan data pinnya sama persis,sampai ke IC dan circuitnya pun sama.
    Spesialis service tv LCD,LED,Plasma
    TUNER TOSHIBA
     Namun,sewaktu saya mendapatkan kasus unit tv merek sharp yang menggunakan tuner seperti ini (Sharp LC32-LE240,kalau nggak salah),sedangkan saya punya stock tuner yang type Toshiba,setelah saya pasang ternyata hasilnya nihil/sama saja,padahal itu tuner baru.
    Masih merasa penasaran saya coba untuk memasang tuner tersebut di unit tv Toshiba (32PB1E),dan hasilnya gambar bagus,semua channel OK,yang jadi pertanyaan saya apa yang berbeda dari tuner tersebut(tuner sharp dan toshiba).
    Kemudian saya buka dan saya teliti,semua circuit dan komponen yang terpasang,hampir nggak ada bedanya,kalaupun ada itupun mungkin cuma beberapa masalah warna,tetapi kalau dilepas dan diukur hasilnya menunjukkan nilai yang sama pula,terus apa yang berbeda?
    Specialist service tv LCD,LED,Plasma
    Sirkuit tuner toshiba
     Kemudian ada kawan yang punya Mainboard Sharp yang kebetulan tunernya sama dengan type yang saya perbaiki,jadi saya pinjam tunernya untuk test di mainboard sharp saya tersebut,dan hasilnya...hmmm 100% it's worked !!!!.
    Merasa sangat ingin tahu saya coba pasang tuner tersebut di mainboard toshiba,dan hasilnya....ohh   it's not working!.so,are you confused?.
    Nggak berhenti sampai disini,saya mencoba browsing data ic untuk tuner-tuner tersebut,,namun nggak ada juga hasil yang relevan tentang datasheet ic tersebut.
    Specialist service tv LCD,LED,Plasma
    IC Tuner Toshiba maupun Sharp,sama persis
    Dilain hari saya masih berupaya untuk mencari info tentang tuner ini,sungguh beruntung sekali ketika mendapati informasi,ternyata IC yang digunakan sama dengan kode TEXAS INSTRUMENT ( TI ),dengan kode SN761642,dan kode yang tertera di tuner adalah B1642.
    Spesialis service tv LCD,LED,Plasma
    Data pin IC B1642 tuner toshiba atau Sharp dan LG

    Setelah berjam-jam kembali saya cari tahu apa sebenarnya yang perlu dilakukan perubahan di tuner Toshiba supaya bisa "support"di Main Sharp atau sebaliknya,ternyata,kuncinya ada di PIN NO.22,dari IC B1642,yang tertera di datasheet menunjukkan pin AS (address selection).Apa artinya?...Saya juga nggak begitu ngerti...hehe..Tetapi mungkin maksudnya adalah pilihan untuk penyesuaian data bit yang digunakan data bus(SDA,SCL),barangkali ya?,,,.
    Disitu tertera beberapa pilihan/option setting di tabel.
    Spesialis service tv LCD,LED,Plasma
    Tabel Address select 

    Setelah saya coba ternyata hasilnya adalah seperi ini:
    1.Untuk Mainboard Sharp pilihan AS pin no.22 di beri option 0V atau dihubungkan keground VCC,bisa dilakukan dari bawah dengan mengganti C yang terhubung dengan pin no.22 dengan R 0 ohm,untuk tuner Toshiba yang ingin di "support"ke Mainboard Sharp.
    2.Untuk mainboard toshiba atau LG,pin AS no.22 diberi option 0.2v to 0,3v VCC atau di open untuk Tuner Sharp yang ingin di "support"ke mainboard Toshiba.
    Untuk board yang lain yang memakai tuner yang sejenis ,saya rasa tinggal menyesuaikan saja,soalnya sudah ada data pin dan tabelnya,,,atau  tuner yang aslinya kan masih ada sehingga bisa dipakai sebagai pembanding.
     Sekian kali ini dari saya,semoga bisa ada manfaatnya,apabila ada kekeliruan mohon diKOREKSI dan diMAAFkan,disebabkan karena keterbatasan pengetahuan ataupun alasan yang lain
    Sumber  :  avtronicservice

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More